Wednesday, August 24, 2011

Jenesys2009Memories

29 Juni 2009-9 Juli 2009 gue berkesempatan ke Jepang untuk mengikuti kegiatan Jenesys "Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths" batch ke-2 bersama 92 anak dari seluruh Indonesia + 8 pembimbing.Dari 92 anak tsb dipecah menjadi 4 kelompok yaitu Hokkaido,Kagawa,Kanagawa,dan Yamagata.Waktu itu gue kebagian kelompok Hokkaido.Ya,diawal perkenalan dengan temen baru seperti biasa masih agak malu-malu menyapa,tapi lama-kelamaan ya akrab juga karena selama di Jepang bakal sama-sama terus.Pas pertama kali ngumpul yang paling berisik emang Hokkaido apalagi para lelaki,kelompok gue ini yang paling rusuh pas ngumpul di Hotel Sultan gak heran kalo kelompok lain agak merasa risih karena kelompok gue ini berisik.



Ya akhirnya gue sampai di Jepang,pertama kali menginjakkan kaki di Negara matahari terbit ini gue langsung merasakan suasana yang tidak biasa.Sebagai anak yang norak,gue ngeliat Jepang itu kayak yang ada dikartun-kartun,bentuk rumahnya sama kayak di Doraemon terus kotanya bagus dan yak itulah yang gue dapatkan disana.Tanggal 30 Juni malem gue makan malem diluar,jalan kaki bareng temen-temen nikmatin suasana kota Tokyo.Selesai makan malem ada acara bebas,gue dan temen-temen mengunjungi toko serba 100 yen.Semua anak laki-laki kompak beli kacamata hitam yang berharga 100 yen itu.


Ya seterusnya sampai tanggal 9 Juli kita banyak acara dari mengunjungi tempat budaya di Jepang,homestay,kunjungan ke sekolah Jepang,nampilin tari Saman dll.Kenangan yang gak bakal terlupakan terutama kelompok Hokkaido,dari pagi sampe malem sama-sama terus.










Pengalaman yang berharga selama di Jepang akan menjadi pembelajaran yang berharga di Indonesia.Di Jepang gue bisa melihat bahwa ada Negara yang dibangun dengan optimisme pemuda-nya.Tradisional dan modern dapat berjalan satu sama lain,dimana mereka tidak hanya membuat tetapi juga menjaga dan merawat.Jepang saja bisa kenapa INDONESIA tidak?!

No comments:

Post a Comment